Sambas — Tim Visitasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, yang dipimpin oleh Andri Maulana, melakukan kunjungan ke Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas pada Senin, 4 November 2024. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024. Tujuan visitasi untuk mendiskusikan evaluasi serta strategi peningkatan mutu pendidikan di madrasah tersebut.
Kedatangan Tim Visitasi disambut langsung oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, Dedi. Tampak mendampingi Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Ardi Wiranata, serta beberapa guru yang menjadi instruktur daring AKMI. Visitasi ini menjadi langkah penting bagi MAN IC Sambas dalam mengimplementasikan hasil AKMI untuk kemajuan akademik dan pengembangan kompetensi siswa.
Dalam kunjungan tersebut, tim mengadakan sesi “Kupas Tuntas Rapor AKMI” yang berfokus pada analisis hasil asesmen siswa dan madrasah. Hasil AKMI ini akan menjadi dasar bagi MAN IC Sambas untuk memperbaiki serta menyesuaikan strategi pembelajaran yang efektif dan berfokus pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter siswa. Selain itu, Tim Visitasi juga melakukan observasi langsung ke beberapa kelas dan perpustakaan madrasah. Observasi ini bertujuan untuk menilai kondisi fasilitas serta sarana pembelajaran yang mendukung program literasi dan numerasi di MAN IC Sambas.
Ketua Tim Visitasi, Andri Maulana menyampaikan pentingnya pemanfaatan hasil AKMI dalam mengarahkan peningkatan mutu pendidikan di madrasah. “Kami berharap MAN IC Sambas menjadikan hasil AKMI ini sebagai panduan memperkuat kompetensi siswa dan meningkatkan kualitas pengajaran menyeluruh,” ujar Andri.
Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, Dedi mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan dan komitmen tim dalam membantu madrasah melakukan evaluasi serta pengembangan. Ia juga menyampaikan bahwa MAN IC Sambas akan terus berupaya menjadi madrasah unggulan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif. Harapan visitasi agar MAN IC Sambas terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi contoh bagi madrasah lain