Perwakilan Siswa Manicsa Mengikuti Kegiatan Simulasi Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tahun 2022

Perwakilan Siswa Manicsa Mengikuti Kegiatan Simulasi Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tahun 2022

Sambas – Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional. Di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bahasa Arab merupakan satu dari enam bahasa resmi yang digunakan. Di kawasan Timur Tengah bahasa Arab menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara.

Kitab suci umat Islam, Al-Qur’an Al Karim didalam tulisaannya menggunakan bahasa Arab, sehingga menjadi bahasa agama bagi sekitar setengah miliyar muslim diseluruh dunia. Bahkan dalam beberapa ritual ibadah bahasa Arab wajib digunakan seperti Syahadat dan salat. Oleh karena itu, bahasa Arab masuk ke peringkat lima besar bahasa di seluruh dunia.

Kegiatan Olimpiade Bahasa Arab (OBA) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Melalui  Olimpiade Bahasa  Arab (OBA) ini  diharapkan  potensi,  bakat  pelajar  dan  guru bahasa  Arab di  Indonesia  dapat  dimotivasi  dan  difasilitasi  secara berkala  dan  terarah sehingga dapat berkembang dengan baik dan terus ditingkatkan secara berkelanjutan. Dengan mengusung tema “Peran Bahasa Arab Pemersatu Umat” diharapkan dapat mempererat ukhuwah Ismaiyah wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan berbahasa Arab dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab bagi pengajar dan pelajar.

Pelaksanaan Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ini dilakukan beberapa tahapan seleksi yaitu dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga ke tingkat Nasional. Tepat pada hari ini (29/7) dilakukan simulasi pelaksanaan OBA. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan OBA Tingkat Kabupaten/Kota yang nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 06 Agustus 2022.

Syamsuri, M.Pd selaku guru pembimbing Olimpiade Bahasa Arab memonitoring jalannya simulasi agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Persiapan peralatan monitor serta koneksi internet menjadi perhatian lebih demi lancarnya pelaksanaan Olimpiade Bahasa Arab Tahun 2022.

Mursidin, M.Ag selaku Kepala Madrasah sangat mendukung dan terus menyemangati guru pembimbing serta siswa. Sebagai perwakilan madrasah aliyah yang mengikuti kegiatan tersebut sudah siap mengikuti olimpiade bahasa terutama bahasa Arab. Nantinya apabila peserta manicsa lolos tahap seleksi tingkat Kabupaten dan provinsi, selanjutnya akan mengikuti grand final pada tanggal 04-06 November 2022 di Balai Guru Penggerak Provinsi Banten.

Berita