Siapkan Peneliti Muda, MAN IC adakan Bimtek KTI

Siapkan Peneliti Muda, MAN IC adakan Bimtek KTI

Sambas – MAN Insan Cendekia Sambas gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi siswa kelas X (07/29). Bimtek ini dilaksanakan guna mendukung Program Madrasah Riset MAN Insan Cendekia Sambas yang diikuti seluruh siswa kelas X berjumlah 96 orang.
Kegiatan yang digelar selama 4 hari ini dari tanggal 26- 29 juli 2022 ini dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah bidang akademik. Dalam arahanya Dedi menyampaikan โ€œKarya tulis ilmiah dapat dipahami sebagai teks yang ditulis dengan susunan sistematis, serta logis, dan memenuhi kaidah ilmu pengetahuan yang berlaku. Aspek rasionalitas diutamakan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dan permasalahan yang diangkat bersifat objektif dan faktual. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah, artikel, jurnal, skripsi, dan lain lainโ€. Ungkap Dedi.
Lebih lanjut dedi menambahkan, Bimtek ini bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian dalam mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga dapat mendorong produktivitas para guru dan siswa dalam melakukan penelitian agar mampu menghasilkan laporan untuk penelitian yang dipublikasikan baik pada jurnal daerah, nasional maupun internasional. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah siswa MAN IC Sambas.
Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini juga bertujuan mengenalkan lebih dekat bagaimana menulis itu mudah dan persiapan memasuki dunia perguruan tinggi, bimtek kali ini juga mengenalkan aplikasi penunjang karya tulis seperti Mendeley, Zetero, Publish or Perich, Vosviewer, dan maping map research. Dimana aplikasi ini sangat memudahkan seorang penulis dalam memulai tulisannya. Aplikasi aplikasi ini kita kenalkan dengan siswa agar mereka benar benar mengetahuinya nanti. Ungkap dedi
MAN Insan Cendekia Sambas dalam bimtek ini menghadirkan narasumber yang cukup mumpuni di bidangnya yaitu Dr. Suriadi, M.Ag beliau merupakan Dosen Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiudin Sambas.
Materi yang diberikan sangat menarik sehingga siswa sangat antusias dalam mengikuti bimtek ini. Kepala MAN Insan Cendekia Sambas Mursidin, M.Ag sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap semoga bimtek penulisan karya tulis ilmiah dapat memotivasi siswa menulis karya ilmiah sehingga dapat menghasilkan prestasi dalam dunia pendidikan.

Berita