MAN Insan Cendekia Sambas Hadiri RAKOR SNPDB MADRASAH UNGGULAN DI KALIMANTAN BARAT

MAN Insan Cendekia Sambas Hadiri RAKOR SNPDB MADRASAH UNGGULAN DI KALIMANTAN BARAT

MANICSA, Sambas. Rapat Koordinasi dalam rangkaian Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas berlangsung pada Selasa-Rabu (06-07/02/2024) di Dayang Resort Kota Singkawang. Civitas akademik MAN Insan Cendekia Dedi, S.Pd., M.Pd, Ogi Chandra Saputra, S.Pd, Ardi Wiranta, S.Pd, dan Titus Nursiwan turut menghadiri rakor tersebut.

SNPDB merupakan sistem pendaftaran siswa baru khusus di madrasah unggulan milik Kementerian Agama RI secara nasional, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MA PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Kegiatan ini dilakukan untuk mengkoordinasikan sistem SNPDB dengan Madrasah Tsanawiyah baik Negeri maupun Swasta se-Kalimantan Barat agar dapat mendaftarkan siswa/i kelas 9 ke MAN IC Sambas secara tepat dan benar.

MAN IC Sambas sebagai satu-satunya Madrasah Unggulan dan Kebanggaan Kalimantan Barat telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosialisasi sejak tanggal 18 Desember 2023 yang lalu dan mendapat respon yang sangat antusias tidak hanya dari MTS tapi juga SMP negeri dan swasta di Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Pendidikan Madrsah Kanwil Provinsi Kalbar, H. Sipni, M.Pd mengungkapkan bahwa MAN IC Sambas ini sungguh-sungguh sudah menjadi magnet yang mencengangkan bagi masyarakat Kalimantan Barat. Bagaimana tidak, sejak pertama kali terbit Izin Operasionalnya pada tahun 2017 (atau baru 7 tahun yang lalu), kini sudah menduduki peringkat ke-dua dari daftar Sekolah Menengah Terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dirilis oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Bahkan beberapa waktu lalu, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, M.Hum beserta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Rita Hastarita, M.Si secara khusus mengunjungi MAN IC Sambas guna melihat langsung pendidikan di MAN IC Sambas. Oleh karena itu, MAN IC Sambas adalah aset utama bagi warga madrasah di Kalbar yang sudah seharusnya diisi oleh siswa/i MTS terbaik di seluruh penjuru Kalimantan Barat,” ujar Pak Kabid Penmad.

SNPDB ini adalah bukti awal keunggulan serta jaminan mutu dari MAN IC, karena melalui SNPDB akan terjaring siswa/i MAN IC yang memiliki kualitas di atas rata-rata dan terjamin tanpa koneksi, jelas Ketua Tim Kerja Kesiswaan, H.Ahmad Zainal.Masa Pendaftaran dimulai dari tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024 mendatang.

“Tes akan dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024 dan pengumuman pada 20 Maret 2024, mari kita persiapkan seluruhnya dengan baik,” tutur Mursidin, S.Ag, M.Ag Kepala MAN IC Sambas.

Hingga hari ini, jumlah sementara pendaftar di MAN IC Sambas sebanyak 304 orang yang insya Allah akan terus bertambah hingga masa pendaftaran usai.

Sumber : https://www.facebook.com/share/p/CDySNZQW9ekv7u9u/?mibextid=qi2Omg

Berita Info & Agenda Madrasah Kalender Pendidikan Laporan Kegiatan Program dan laporan pengembangan diri Program dan Pelaksanaan Supervisi